Perkuat Sinergitas, Pimpinan Ranting Muhammadiyah Bungur Gelar Aksi Kemanusiaan pada Acara Puncak Milat Muhammadiyah 109

Perkuat sinergitas, Pimpinan Ranting Muhammadiyah Bungur menggandenga FORKOPIMCAM dan selenggarakan donasi kemanusiaan pada malam puncak milad Muhammadiyah ke 109.

Kepala KUA Way Bungur menghadiri dan memberi tausyiah pada Pengajian Akbar malam puncak Milad 109 Muhammadiyah Ranting Bungur kecamatan Way Bungur, sekaligus mentashorrufkan 109 paket sembako dari LAZISMU Kabupaten Lampung Timur kepada 109 korban banjir Bungur.

Dalam tausyiahnya, Solihin Panji, M.Sy. Kepala KUA Way Bungur menyuplik kembali beberapa Nilai Hikmah dari sebuah musibah yang pernah disampaikan Prof. Dr. K.H. Haedar Nashir, M.Si. pada Milad 109 Muhammadiyah bulan lalu, yakni Nilai Ketuhidan untuk kemanusiaan, Nilai Persaudaraan dan kebersamaan, serta Nilai Wasathiyyah/moderat

Solihin menjelaskan, bahwa Tauhid merupakan asas paling mendasar dalam Islam. Namun Tauhid dalam Islam tidak terbatas menyangkut aspek iman untuk mengesakan Tuhan semata, bersamaan dengan itu, tauhid maupun iman dan takwa terkait erat dengan urusan kemanusiaan dan kehidupan. Karenanya, mencuplik Prof Haedar, dari berbagai musibah, termasuk musibah covid-19 dapat dipetik hikmah menguatkan keyakinan kaum beriman bahwa sikap bertauhid meniscayakan kepedulian pada persoalan kemanusiaan, termasuk menyelamatkan jiwa manusia.

Nilai Persaudaraan dan Kebersamaan, menguatkan kembali akan sabda Nabi Muhammad saw, “Bukanlah seorang mukmin yang ia tidur dalam keadaan kenyang, namun tetangganya kelaparan dan ia mengatahui hal ihwal tetangganya tersebut” (H.R. Hakim dari Ibnu Abbas ra). Dari sini dapat dipetik hikmah bahwa, setiap kita punya andil besar dalam ujian berbagai musibah. Bagi yang tengah diuji musibah untuk bersabar dan bertawakkal, dan bagi yang tidak terkena musibah untuk menolong dan membantu korban, inilah hakikat nilai persaudaraan dan kebersamaan.

Solihin pula menjabarkan bahwa dalam musibah, ada hikmah yang bisa kita petik yakni Nilai Wasathiyyah/pertengahan dengan mengambil langkah berdasarkan pertimbangan rasional-ilmiah dan spiritual-rohaniah.

“Muslim tidak boleh memiliki sifat al-jubnu, yakni takut berlebihan dalam menghadapi keadaan. Sebaliknya dilarang bersikap at-tahawwur, yaitu nekad tanpa perhitungan.” Tandasnya.

Puncak Milad 109 Muhammadiyah Ranting Bungur ditutup dengan pemberian santunan dan donasi kepada korban banjir Bungur sejumlah 109 paket sembako, selaras dengan angka Milad Muhammadiyah yang juga 109.

Donasi diserahkan langsung oleh Pimppinan Daerah Muhammadiyah, H.M. Hadziq, S.Ag. diikuti LAZISMU, Camat Way Bungur, Lusi Aprina, S.Kom., M.M., Kepala KUA, dan Ketua Pimpinan Ranting Muhammadiyah Bungur, Muholi.

PIMPINAN DAERAH
MUHAMMADIYAH LAMPUNG TIMUR

OFFICE

Pimpinan Daerah Muhammadiyah Lampung Timur;

Gedung Da'wah Muhammadiyah Sukadana Lampung Timur.

Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
27
30
173
88549
865
910
89014
Your IP: 3.235.188.113
23-09-2023
© Pimpinan Daerah Muhammadiyah Lampung Timur

Rubid.id by Rubid.id